SINDA HASIAN

PENGAJUAN KERJASAMA INHOUSE TRAINING

PENGAJUAN PROPOSAL TRAINING INHOUSE TRAINING - IN HOUSE TRAINING TERMURAH - INFO PELATIHAN SERTIFIKASI TRAINER - TOT SERTIFIKASI BNSP - TOT LEVEL 3 - TOT LEVEL 4 - TOT LEVEL 5 - TOT LEVEL 6 - TRAINING OF TRAINER - SINDA HASIAN

INHOUSE TRAINING TERMURAH PROGRAM PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SERTIFIKASI BNSP.

Selamat datang di SindaHasian, Portal Informasi Pelatihan Sertifikasi Fasilitator dan Trainer / Instruktur Berbasis Kompetensi bersertifikat Nasional dari BNSP (Badan nasional Sertifikasi Profesi).  Jika Anda sedang membutuhkan dan mencari Training Provider Pengadaan Pelatihan InHouse Training Termurah Program Pelatihan Sertifikasi Trainer / Instruktur dan fasilitator Bersertifikat Nasional dari BNSP segera hubungi Admin Kami di nomor: 0812-1352-2579 (WA) atau bisa langsung ajukan via email: admin@sindahasian.com.

LATAR BELAKANG

Pemberlakuan pasar bebas Asia Tenggara atau yang disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  akan   menjadikan   persaingan   bursa   tenaga   kerja    semakin meningkat. Hal  ini akan mempengaruhi banyak orang, terutama pekerja yang   selama ini berada pada  sektor keahlian khusus untuk berperan didalamnya. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan para pekerja dalam   menghadapi MEA,   satu    diantaranya   memiliki sertifikasi profesi.

Era globalisasi  juga  ditandai dengan arus keluar masuknya tenaga kerja trampil   dan arus investasi ke dalam dan keluar negara ASEAN. Dengan demikian maka tenaga kerja Indonesia diharapkan mampu memenangkan persaingan. Oleh sebab itu diperlukan upaya peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia umumnya dan para professional khususnya.

Kompetensi tenaga kerja dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui suatu pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan kompetensinya. Kompetensi tersebut memerlukan pengakuan agar dapat menjadi acuan bagi rekruitmen, renumerasi, promosi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk profesi instruktur harus memiliki dua kompetensi, yaitu kompetensi teknis dan kompetensi metodologi pelatihan. Kompetensi teknis adalah menyangkut pada spesialisasi atau keahlian yang akan ditransformasikan kepada trainee. Sedangkan kompetensi metodologi berkaitan dengan kompetensi instruktur dalam melakukan delivery pelatihan. Kedua kompetensi tersebut secara komprehensif harus diterapkan saat melakukan pelatihan, sehingga materi yang disampaikan akan mudah diserap dan diaplikasikan oleh peserta pelatihan.

ACUAN NORMATIF

  1. Undang-undang RI  Nomor 13 tahun 2003 Tentang
  2. Peraturan Pemerintah nomor 23 tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi
  3. Peraturan Pemerintah  31 Tahun 2006 tentang  Sistem Pelatihan Kerja Nasional.
  4. Peraturan Presiden No.8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia /Indonesian Qualification Framework.
  5. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 223 tahun 2016 Tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pelatihan Subbidang Metodologi Pelatihan.

PROGRAM INHOUSE TRAINING METODOLOGI PELATIHAN

SERTIFIKASI TRAINER / INSTRUKTUR

METODOLOGI PELATIHAN KKNI LEVEL 3

Program Pelatihan Sertifikasi Trainer Level 3 ini terdiri dari 8 Unit Kompetensi dan sangat direkomendasikan bagi Mahasiswa/wi Tingkat Akhir, Lulusan Baru (Fresh Graduated) atau Trainer yang ingin memiliki Sertifikat Kompetensi Instruktur / Trainer Level 3 (Junior). Dengan Memiliki Sertifikasi Kompetensi Instruktur/Trainer minimal Level 3 ini, Anda akan memiliki Lisensi sebagai Trainer/Instruktur untuk memberikan Materi Pelatihan sesuai Bidang Keahlian khusus yang dimiliki dan juga Mampu menyusun Program Pelatihan, Silabus Pelatihan, Materi Pelatihan dan Mengelola Bahan serta Peralatan Pelatihan.

METODOLOGI PELATIHAN KKNI LEVEL 4

Selain Anda akan mendapat Lisensi sebagai Instruktur Kompeten untuk Memberikan Materi Pelatihan, setelah mengikuti program pelatihan ini diharapkan peserta Mampu dan Kompeten dalam Mengorganisasikan asesmen dan Melakukan proses asesmen kompetensi untuk kebutuhan pelatihan dan pengembangan kompetensi karyawan di tempat kerja, Mendesain media pembelajaran, Mendesain pembelajaran yang inovatif, Memfasilitasi dan Memonitor pelaksanaan pelatihan di tempat kerja (OJT).

METODOLOGI PELATIHAN KKNI LEVEL 5

Program Pelatihan dan Sertifikasi Trainer Level 5 (Senior Trainer) ini terdiri dari 17 Unit Kompetensi. Diharapkan Peserta juga Kompeten mulai dari Menentukan Kebutuhan Pelatihan Mikro dan Individu, Mengorganisasikan SDM Pelatihan, Mengorganisasikan Asesmen, Mengembangkan Kebutuhan Perangkat Asesmen di tempat kerja, Melakukan Proses Asesmen Kompetensi untuk kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan di tempat kerja, Melaksanakan Evaluasi Asesmen dan Kontribusi Validasi Asesmen.

TUJUAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI INSTRUKTUR

 Pelatihan dan sertifikasi instruktur bertujuan :

  1. Dilatih untuk menjadi seorang instruktur yang kompeten melalui pelatihan.
  2. Dapat membuat perencanaan pelatihan sebelum memulai pelatihan. Meliputi membuat rencana pembelajaran, merancang durasi pelatihan, membuat silabus berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), dan membuat lesson plan, yang akan menjadi bekal yang penting sebagai seorang instruktur.
  3. Memahami pentingnya K3 dalam pelatihan
  4. Menjadi instruktur yang handal berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan menguasai metodologi pelatihan serta diakui oleh Negara Indonesia.
  5. Memahami berbagai tipe cara belajar, gaya mengajar dan memahami dimensi-dimensi efektivitas sebagai trainer serta dapat menerapkan pada berbagai situasi.
  6. Peserta pelatihan mampu mengenali kunci sukses seorang trainer dan menerima feedback & evaluasi serta mampu mengembangkan diri menjadi seorang trainer yang kompeten dan handal.
  7. Menguasai communication skills dan presentation skills.
  8. Melatih mental untuk menjadi trainer yang kompeten/professional

 BENEFIT

  1. Peserta pelatihan yang mengikuti secara penuh akan mendapatkan 2 (dua) sertifikat :
  2. Sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang berlaku di pasar asean atau Negara yang tergabung dalam MRA (Mutual Recognition Arrangement). (jika lulus uji kompetensi) Contoh Sertifikat kompetensi BNSP terlampir.
  3. Sertifikat pelatihan Training of Trainer dari Penyelenggara
  4. Fasilitas yang didapatkan untuk investasi Pelatihan dan Sertifikasi ini: Materi pelatihan dalam bentuk E-Digital dan Flashdisk baru.

PERSYARATAN PESERTA

Persyaratan dasar pemohon sertifikasi adalah:

ORGANISASI PELAKSANA

  1. Pelatihan dan sertifikasi ini dilaksanakan oleh :
  2. Sinda Hasian bekerjasama dengan Training Provider yang telah berpengalaman sebagai pelaksana pelatihan.
  3. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Berlisensi dari BNSP
  4. Instruktur: Instruktur yang berpengalaman dalam bidang pelatihan berbasis kompetensi.

 

DURASI PELATIHAN DAN SERTIFIKASI & RUANG LINGKUP

Durasi pelatihan dan sertifikasi

Adapun lama waktu pelatihan akan dilaksanakan sesuai dengan tingkatan level yang akan dipilih, dilanjutkan  pra asesmen setelah pelatihan dan dilanjutkan dengan uji sertifikasi (1 hari).

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup pelatihan dan sertifikasi adalah pada ruang lingkup metodologi pelatihan berbasis kompetensi mengacu pada SKKNI Bidang Pelatihan.

Untuk Permohonan Proposal InHouse Training Harga Spesial Termurah Program Pelatihan Sertifikasi Fasilitator & Instruktur / Trainer Level 3 – Level 6 Lebih Lengkap

Dapat Menghubungi: 

0812-1352-2579 (WhatsApp) / admin@sindahasian.com