MENGEMBANGKAN PROGRAM PELATIHAN (PLK.TL02.017.00)

Modul Pelatihan “Mengembangkan Program Pelatihan” ini disusun dalam rangka mewujudkan pelatihan kerja yang efektif, efesien serta dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja.

Baca Juga: Modul Pelatihan “Mengorganisasikan Penggunaan Bahan Pelatihan”

Latar Belakang 

Pengembangan program pelatihan pada dasarnya adalah tindakan perbaikan dari hasil evaluasi program pelatihan yang telah diselenggarakan di LPK/BLK. Baik evaluasi perencanaan, pelaksanaan, luaran/output dan evaluasi paska/purnaprogram pelatihan maupun dari hasil analisis kebutuhan pelatihan.

Evaluasi pelaksanaan program berkaitan dengan evaluasi kesesuaian rancangan dan pelaksanaan terhadap sumber daya pelatihan serta evaluasi proses dan produk lulusan program pelatihan, sedangkan evaluasi hasil program pelatihan berkaitan dengan aplikasi atau manfaat hasil pelatihan dan pengaruh/dampak program pelatihan terhadap pengguna/perusahaan Hasil evaluasi program pelatihan ini merupakan dasar acuan untuk penyempurnaan rancangan program pelatihan.

Sedangkan hasil analisis kebutuhan pelatihan merupakan dasar acuan untuk penyusunan rancangan program pelatihan yang baru dari kedua proses evaluasi dan analisis kebutuhan pelatihan tersebut diperoleh data dan informasi untuk tindakan perbaikan/penyempurnaan dan pengembangan program pelatihan dari aspek perencanaan, penyusunan program pelatihan (kursil), pelaksanaan dan sistem evaluasi yang digunakan.

Unit kompetensi mengembangkan program pelatihan ini merupakan kompetensi untuk melakukan perbaikan/ penyempurnaan program pelatihan yang telah dilaksanakan di lembaga pelatihan kerja.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional yang mengamanatkan bahwa pelatihan kerja berbasis kompetensi.

Dalam rangka menerapkan pelatihan berbasis kompetensi tersebut diperlukan adanya standar kompetensi kerja sebagai acuan yang diuraikan lebih rinci ke dalam program, kurikulum dan silabus serta modul pelatihan.

Untuk memenuhi salah satu komponen dalam proses pelatihan tersebut maka disusunlah Modul pelatihan berbasis kompetensi “Mengembangkan Program Pelatihan” yang terdiri dari 3 buku yaitu buku informasi, buku kerja dan buku penilaian. Ketiga buku tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, dimana buku yang satu dengan yang lainnya saling mengisi dan melengkapi, sehingga dapat digunakan untuk membantu pelatih dan peserta pelatihan untuk saling berinteraksi.

Tujuan

Adapun tujuan mengevaluasi pelaksanaan pelatihan adalah sebagai berikut:
1. Menentukan model program pelatihan.
2. Merancang struktur program pelatihan.

Ruang Lingkup Mengembangkan Program Pelatihan

Meliputi kegiatan menenentukan model program pelatihan dan merancang struktur program
pelatihan berdasarkan hasil evaluasi program pelatihan yang telah dilaksanakan dan hasil
analisis kebutuhan pelatihan.

Ingin Mendapatkan Informasi Pelatihan Berbasis Kompetensi Sertifikasi BNSP? Silahkan Klik Disini => INFO DIKLAT SERTIFIKASI BNSP.

Unit ini meliputi pengetahun, keterampilan dan sikap kerja yang diperlukan untuk mengembangkan program pelatihan yang sudah digunakan untuk menjamin kualitas luaran pelatihan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Unit Mengembangkan Program Pelatihan terdiri atas 3 Elemen Kompetensi yaitu:

  1. Mengidentifikasi materi pengembangan program pelatihan.
  2. Menetapkan materi pengembangan program pelatihan.
  3. Menetapkan program pelatihan sesuai dengan hasil evaluasi.

Batasan Variabel Unit Mengembangkan Program Pelatihan

  1. Batasan Konteks: Unit ini ditujukan bagi pengelola pelatihan untuk menindak lanjuti hasil evaluasi program pelatihan di lembaga pelatihan dalam bentuk pengembangan program pelatihan.
  2. Perlengkapan untuk melakukan pengembangan program pelatihan mencakup: Dokumen laporan evaluasi program pelatihan, Kebijakan institusi, Sarana dan prasarana.
  3. Tugas pekerjaan untuk mengembangkan program pelatihan meliputi: Mengakses dan mengkaji dokumen laporan evaluasi program pelatihan, Membuat materi pengembangan program pelatihan, Melaksanakan verifikasi dan validasi pengembangan program pelatihan, Memperoleh persetujuan terhadap program pelatihan yang dikembangkan.
  4. Peraturan sebagai dasar pengembangan program pelatihan adalah: Pedoman penyusunan program pletaihan dan Pedoman monitoring dan evaluasi.

Untuk lebih detil dan jelas mengenai Modul Pelatihan Mengembangkan Program Pelatihan ini, Silahkan Anda Klik dan Download Di Sini!

Article By :