Sebelum Membangun Website, Kenali dan Pahami Terlebih Dahulu Apa Itu CMS!

Jika Anda ingin memulai membuat Website atau Toko Online, Saya sarankan Anda terlebih dahulu Mengenal CMS (Content Management System).

CMS adalah aplikasi yang nantinya akan memudahkan Anda dalam mengelola Website maupun Toko Online yang akan Anda bangun.  Dimana CMS inilah yang akan memungkinkan Anda dapat mengubah atau memanipulasi isi serta melakukan pengaturan halaman front end dari website.

Baiknya Anda membaca Artikel berikut: Perkembangan Bisnis Online.

Mengenal Fungsi & Manfaat CMS (Content Management System)

Dengan menggunakan CMS, orang awam PHP atau HTML sekalipun dapat membuat website dengan mudah. Karena CMS rata-rata dapat di download dengan gratis. Seperti contoh CMS yang sangat populer digunakan adalah: WordPress, Joomla, Drupal dan tentu masih banyak lagi.  Dalam Panduan Membangun Website Bagi Pemula ini, nantinya Sindahasian akan membahas lebih lanjut Cara membangun Website dengan Menggunakan CMS WordPress karena CMS ini sangat userfriendly dan sangat memudahkan penggunanya untuk mengelola Website yang dibangunnya.

Anda seorang Trainer? atau Anda ingin menjadi Profesional Certified Trainer? Lihat Jadwal Pelatihan Sertifikasi Trainer Kami di Tahun 2019 ini:

Mengenal Jenis-Jenis Content Management System

Jika dilihat darihak lisensi, CMS dapat dibagi menjadi 2, yaitu CMS Komersil dan CMS Open Source.

CMS Komersil

CMS Komersil adalah: CMS yang akan dikembangkan oleh perusahaan guna mendapat profit/keuntungan dari para penggunanya.  Rata-rata CMS jenis ini memenuhi feature yang digunakan untuk memenuhi fungsi CMS seperti menambah, mengisi atau mengedit atau bahkan mengedit isi artikel beserta pilihan template yang akan digunakan. Pengguna diwajibkan untuk membayar atau membeli lisensi agar bisa menggunakan jenis CMS Komersil ini.

CMS Open Source

Setiap orang atau perusahaan yang menggunakan CMS Open Source tidak perlu membayar atau membeli lisensi.  CMS ini dibuat serta dikembangkan oleh beberapa orang atau perusahaan untuk memberikan solusi bagi siapapun yang ingin membangun website dengan biaya yang murah.  CMS Open Source juga memiliki dukungan yang lebih banyak baik dukungan perorangan maupun secara kelompok.  CMS jenis ini biasanya menggunakan lisensi GPL (General Public Licence), yang artinya siapapun bisa menggunakannya secara Gratis dan dapat melakukan perubahan secara bebas.

Dalam dunia Internet dan pembuatan website, CMS memiliki banyak manfaat, khususnya CMS Open Source.  Berikut ini beberapa Manfaat CMS Open Source:

  • Sifatnya Gratis.  CMS Open Source dapat digunakan hanya dengan mendownload atau mencopy secara bebas. Sehingga akan meringankan beban biaya jika menggunakan yang berbayar.  Meskipun Gratis, CMS ini cukup mudah digunakan khususnya untuk mempromosikan brand pemiliknya.
  • Mengelola Semua Data.  Fungsi utama dari CMS adalah kemampuan yang dimiliki untuk mengelola data.  Semua informasi yang akan ditampilkan atau sudah ditampilkan dapat dikelola dengan menggunakan CMS.  Oleh karena itu CMS Open Source biasanya sudah siap digunakan.  Beberapa fungsi CMS dalam mengelola data adalah Editi posting, fungsi indexing, fungsi searching, serta beberapa fungsi lainnya.
  • Mendukung Berbagai tema atau Tampilan.  Selain mengelola data dan informasi, manfaat lain dari CMS adalah mendukung berbagai template atau tema.  Jadi seoarng webmaster (pengelola website) dapat dengan mudah mengganti tema atau tampilan website.  Selain itu, webmaster juga dapat mengelola banyak bagian sebuah widget atau plugin seperti kalender, kategori dari setiap postingan, daftar postingan dan lain sebagainya.
  • Didukung Banyak Komunitas.  Jumlah pengguna jenis CMS Open Source pasti lebih banyak dibandingkan yang Komersil.  Karena gratis.Banyaknya pengguna memungkinkan terjadi proses timbal-balik antara pengguna dan pembuatnya.

Demikianlah sekilas mengenai CMS atau Content Management System, Jenis-jenis CMS dan Manfaat CMS yang wajib Anda ketahui sebelum membuat sebuat Website atau Toko Online.  Semoga Artikel ini bermanfaat.  Terima kasih juga karena telah ikut membantu membagikan Artikel-artikel yang ada via Link Share yang ada di bawah ini:

Article By :